Berita


7.628 Tenaga Penyuluh Pertanian Akan Diangkat PNS

Aug 01, 2016

Sebanyak 7.628 tenaga harian lepas (THL) penyuluh pertanian di Indonesia dalam waktu dekat diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) sesuai masa kerja dan batasan usia.

"Di Indonesia ada sekitar 19 ribu THL, tapi yang memenuhi persyaratan dan sudah diajukan serta dapat rekomendasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB) RI hanya 7.628 THL," kata Seketaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI, Momon Rusmono kepada Antara di Sukabumi, Rabu. 

Menurutnya, ribuan THL ini mendapatkan priorita...

Kementan Bakal Intensif Gelar Rakor Pangan di Daerah

Jul 22, 2016

Suarasurabaya.net| Kementerian Pertanian (Kementan) bakal intensif menggelar rapat koordinasi pangan di 11 provinsi yang menjadi sentra produksi padi. 

Pending Dadih Permana Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan di Jakarta, Rabu (20/7/2016) mengungkapkan rapat koordinasi (rakor) pangan tersebut akan dilakukan bersama dengan gubernur, pangdam, danrem, dandim, Bakorluh (Badan Koordinasi Penyuluhan), Bapeluh (Balai Penyuluhan), kepala dinas lingkup pertanian provinsi dan kabupaten. 

Menurut dia, Menteri Pertanian sudah memimpin rakor tersebut di...

Kementan Sebut Pendampingan Petani Katrol Produksi Pangan

Jul 22, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Pending Dadih Permana mengatakan, kebijakan dan program Kementan di bidang penyuluhan telah memberikan hasil pada peningkatan produksi pangan. Hal tersebut didukung bantuan alat mesin pertanian yang tersalurkan di petani secara cepat dan tepat.

"Para penyuluh ini kami bekali dengan peningkatan kualitas melalui model pelatihan yang bersifat tematik bukan lagi model lama bersifat umum," kata Pending, Rabu (20/7).

Ia menjelaskan, tematik artinya tema pelatiha...

Penyuluh Pertanian Dinilai Mampu Tingkatkan Kepuasan Petani

Jul 22, 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementrian pertanian mengklaim program pertanian sepanjang tahun 2015 memberikan kepuasan kepada petani. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi mengatakan salah satu kebijakan yang meningkatkan kepuasan terhadap petani yaitu pendampingan oleh petugas penyuluh lapangan (PPL), TNI, Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan dosen/mahasiswa.

Berdasarkan hasil survei Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) di bulan Maret 2016 pada 1.200 responden peserta program 2015 di 9 provinsi, 22 kabupaten, 63 kecamatan dan 254 desa...

Petani Puas terhadap Kebijakan Kementan Sepanjang 2015

Jul 22, 2016

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi mengatakan berbagai kebijakan dan program Menteri Pertanian sepanjang 2015 berhasil memberikan kepuasan kepada petani yang merupakan subjek utama mewujudkan kedaulatan pangan.

Kebijakan tersebut di antaranya merevisi Peraturan Presiden (Perpres) 172/2014 tentang tender ke penunjukan langsung (PL), kebijakan pengendalian impor beras dan jagung, kebijakan subsidi benih dan pupuk, refocusinganggaran Rp4,1 triliun bantuan benih dan pupuk, bantuan alat dan mesin pertanian 80 ribu unit, bantuan irigas...