Pengumuman


Buka Global Forum AMM G20, Mentan SYL Ajak Dunia Implementasikan Pertanian Digital

Sep 27, 2022

Rilis Kementan, 27 September 2022 Nomor : 546/R-Kementan/09/2022

Bali – Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) secara resmi membuka kegiatan Global Forum sebagai awal dari rangkaian kegiatan Agriculture Ministers Meeting (AMM) G20 Indonesia, di Hotel Intercontinental Jimbaran Bali pada Selasa (27/09/2021) siang. Mengangkat tema “Transformasi Pertanian Digital dalam Percepatan Kewirausahaan Perempuan dan Pemuda”, SYL mengajak dunia mengimplementasikan teknologi digital dalam sektor pertanian.

“Teknologi dan digitalisasi menjadi jawaban untuk kemajuan sektor pertanian dunia. Indonesia s...

Mentan SYL Minta Mahasiswa PEPI Bangun Sektor Pangan Yang Lebih Kuat

Sep 20, 2022

TANGERANG - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meminta mahasiswa Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI) ikut membangun sektor pangan nasional yang jauh lebih kuat. Dia ingin, mahasiswa menjadi garda terdepan dalam menjadikan pertanian sebagai kekuatan utama membangun bangsa dan negara.

"Kita berharap mahasiswa PEPI lebih berkualitas di bidang pertanian dan enjiniring pertanian. Tentu saja mereka harus mampu mengenergi pertanian dimasa yang akan datang," ujar SYL saat meresmikan Asrama Politeknik PEPI di Pagedangan, Tangerang, Banten, Senin, 19 September 2022.

SYL perc...

Kado spesial HUT kemerdekaan RI ke-77, Mentan Terima Penghargaan Rekor Dunia MURI

Aug 17, 2022

JAKARTA - Tepat di HUT ke-77 RI, Kementerian Pertanian, melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).  

Rekor tersebut untuk kategori Serial Pelatihan Petani dan Penyuluh Peserta Terbanyak, yaitu diikuti 1.610.655 orang

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan apresiasi atas keberhasilan ini.

"Momentum yang luar biasa. Tepat pada pelaksanaan HUT ke-77 RI, Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP bisa meraih rekor MURI. Mudah-mudahan keberhasilan ini akan berdampak positif terhadap kinerja seluruh insan pertan...

Kementan Sosialisasi Penanganan PMK Bagi Camat di Seluruh Indonesia

Jul 08, 2022

RILIS BPPSDMP - 8 Juli 2022 896/ HUMAS

JAKARTA - Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) mendapatkan perhatian serius Kementerian Pertanian. PMK adalah penyakit hewan yang dapat menular akut disebabkan oleh virus RNA (Picornaviridae, Apthovirus) dan tidak ada obat namun dapat dicegah dengan vaksinasi.

Penyakit PMK menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi, rusa/kijang, unta, dan gajah.

Virus PMK menular dengan sangat cepat. Masa inkubasi PMK 1-14 hari dengan tanda klinis adalah demam tinggi (39-41 C). Menular melalui kontak langsung dan dapat melalui udara (jang...

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

Jun 25, 2022

Rilis kementan, 25 juni 2022 Nomor : 376/ R-kementan /06/2022

MAROS - Untuk meningkatkan motivasi serta gairah petani, nelayan, petani hutan, serta masyarakat pelaku agrobisnis Kementerian Pertanian (Kementan) bersama KTNA dan beberapa stakeholder terbaik menggelar Pra Penas 2022 di Maros, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/6/2022).

Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menegaskan komitmennya dalam memantapkan penguatan komoditi lo...