Sambangi Manokwari Selatan, Kementan Genjot Kapasitas SDM Pertanian

RILIS BPPSDMP - 18 JUNI 2021 *662/HUMAS

MANOKWARI, - Kementerian Pertanian dibawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah membentuk kelembagaan Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani). Kostratani ini nantinya akan memperkuat fungsi penyuluh sebagai ujung tombak pemantauan kondisi lapangan di tiap kecamatan.

Mentan SYL mengatakan bahwa pembangunan Kostratani merupakan proyek jangka panjang yang sudah dilengkapi sistem artificial intelligence atau kecerdasan buatan untuk membangun pertanian sampai sudut pinggiran.

"Kita akan tarik semua komponen di desa untuk bersatu membangun pertanian. Kita juga akan melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas dalam mendukung program pertanian," katanya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi saat menyambangi kantor Bupati Manokwari Selatan, Kamis, (17/06) melihat langsung perkembangan pertanian di kabupaten tersebut.

Dedi mengaku, sangat kagum dengan situasi kabupaten Manokwari Selatan yang terlihat hijau. Menurutnya, kabupaten Manokwari mempunyai kesuburan tanah yang luarbiasa.

Ia berharap kabupaten Manokwari terus mengembangkan dunia pertanian dengan modal kesuburan tanah yang dimiliki. Namun hal utama yang harus dibenahi adalah Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian, sebab SDM Pertanian mempunyai peran penting dalam pembangunan pertanian.

"Kunjungan kami kesini guna membangun kerjasama dengan kabupaten Manokwari Selatan untuk menggenjot kapasitas para SDM Pertanian," ujar Dedi.

Dedi juga memaparkan sejumlah program unggulan Mentan SYL, salah satunya Kostratani. Prof Dedi menegaskan program Kostrani semata-mata untuk pemberdayaan SDM Pertanian para penyuluh di BPP.

Pada kesempatan itu, wakil Bupati Manokwari Selatan Wempy Welly mengaku, kunjungan Kepala BPPSDMP dan rombongan sangat berharga bagi masa depan pertanian di Manokwari Selatan.

"Mengembangkan pertanian, kapasitas penyuluh yang ada untuk membina seluruh masyarakat yang mempunyai profesi dibidang pertanian. Kunjungan hari ini sangat berarti, mudah-mudahan kedepan hal-hal yang perlu kami sikapi, tingkatkan dalam koordinasi kerja dalam perkembangan pertanian maupun program-program pertanian bagi Manokwari Selatan dapat terwujud," tutur Rengkung.

Sedangkan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, drh. Purwanta, M.Kes yang mendampingi Kepala BPPSDMP Kementan menyebut, pihaknya sebagai UPT dibawah Kementan, tentu menjalankan tugas pokok dan fungsi dibidang pendidikan, salah satunya menjalankan program utama Kementerian Pertanian seperti Kostratani.

"Peran Kostratani yang harapannya menjadi salah satu kebangkitan penyuluh dalam mendampingi Petani,” ungkap Purwanta.

Pengumuman Terkait