Arsip Berita

  • Panen Setiap Hari, Paradigma Pertanian Modern

    Posted in Berita on Jan 08, 2018

    Mengawali Kegiatan Panen di Tahun 2018, Mentan Amran Sulaiman panen perdana di areal seluas 800 Hektare di Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, Mentan mengatakan, pada November hingga Januari merupakan paceklik. Namun, kondisi tersebut berbalik.

    Panen bisa dilakukan tiap hari di seluruh Indonesia, hal tersebut karena pihaknya berupaya mengubah paradigma pertanian. Meski mengubah paradigma lama diakui Amran sangat sulit."Paradigma pertanian modern bukan lagi paradigma pertanian tradisional," ujarnya, Rabu (3/1).

    Paradigma baru tersebut yakni dengan mene...

  • Padi Sambas Surplus 80%, Kementan Apresiasi Capaian Lumbung Beras Utama Kalbar

    Posted in Berita on Des 26, 2017

    Sambas, Kalbar - Sekretaris Badan SDM Pertanian Kementan, Surahman Suwardi menyambut gembira hasil panen padi di Kabupaten Samba, Provinsi Kalimantan Barat dengan luasan panen 68.435 hektar, produktivitas rata-rata tiga ton per hektar gabah kering panen (GKP) menghasilkan 102.000 ton.

    "Setelah dikonsumsi penduduk setempat hampir 20% dan kelebihan produksi dipasarkan ke Pulau Natuna di Provinsi Riau Kepulauan sebagai pasar utama ekspor beras Sambas," kata Surahman usai panen padi di Desa Seranggam, Kecamatan Selakkau Timur, Sabtu siang (23/12).

    Kepala Dinas Pertanian Sambas, A Mubarak mengataka...

  • Kepala Badan SDM Kementan Panen di Sanggau, Kalbar Surplus 18 Ribu Ton

    Posted in Berita on Des 25, 2017

    Sanggau, Kalbar - Kementerian Pertanian memastikan stok dan produksi beras di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat terbukti rata-rata surplus 18.000 ton per bulan, hal itu dibuktikan dari kunjungan kerja Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Momon Rusmono di Sanggau, Jumat (22/12).

    Hal itu terungkap ketika Momon Rusmono melakukan panen padi Desember 2017 di Desa Bungkang, Kecamatan Sekayam bersama Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Sanggau, John Henri, Kepala BPTP Kaltim Musafa dan para pejabat terkait dan puluhan penyuluh pertanian. John Henr...

  • Beri Kuliah Umum, Mentan Minta Mahasiswa STPP Menjadi Enterpreneur

    Posted in Berita on Nov 30, 2017

    Beri Kuliah Umum, Mentan Minta Mahasiswa STPP Menjadi Enterpreneur Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan lulusan Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) se-Indonesia yakni STPP Bogor, Medan, Magelang, Gowa, Malang dan Manokwari harus menjadi penyuluh sekaligus pelaku wirausaha atau enterpreneur pertanian. Ini penting agar nantinya lulusan STPP tidak lagi berpikir hanya menjadi penyuluh berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). "Lulusan STPP adalah generasi muda pertanian yang memiliki potensi besar untuk memajukan pertanian. Jadi, selain menjadi penyuluh, harus bisa ...

  • BPPSDMP Koordinasikan Lahan Kedelai 500.000 Hektar di 14 Provinsi

    Posted in Berita on Nov 08, 2017

    Yogyakarta (7/11) Pemerintah RI menyiapkan benih kedelai bersubsidi yang dibiayai APBN-Perubahan 2017 untuk program penanaman kedelai seluas 500.000 hektar di 20 provinsi, dan Kementerian Pertanian saat ini menyiapkan lahan 500.000 hektar di 14 provinsi untuk ditanami benih kedelai bersubsidi namun anggarannya tidak masuk APBN-P 2017, dan langkah tersebut ditempuh untuk mendukung pencapaian target sejuta lahan kedelai di seluruh Indonesia dalam menyongsong swasembada kedelai 2018.

    "Menteri Pertanian Amran Sulaiman menginstruksikan Badan SDM Kementan mendukung pencapaian swasembada kedelai 201...

  • Luas Lahan Tambah Tanam Di Kalbar Meningkat

    Posted in Berita on Okt 30, 2017

    Pontianak (28/10) Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian Momon Rusmono menyatakan luas lahan tambah tanam (LTT) di Provinsi Kalimantan Barat mengalami peningkatan.

    "Dari hasil evaluasi tahun 2016, upaya khusus (Upsus) tanaman padi, jagung, dan kedelai (Pajale) serta lahan tambah tanam di Provinsi Kalbar sekitar 538 ribu hektare, kemudian meningkat menjadi 624 ribu hektare di tahun 2017," kata Momon Rusmono di Pontianak, Sabtu.

    Ia menyebutkan peningkatan LTT di Kalbar sekitar lima persen, dan itu dinilainya luar biasa.

    "Untuk itu, kami senga...

  • Bimbingan Teknis Penyuluh di BPP Jambi

    Posted in Berita on Okt 11, 2017

    Jambi 11/10/17 - Sekretaris Badan, Dr Ir Surachman Suwardhi, MP menghadiri Bimbingan Teknis Bagi Penyuluh yang di selenggarakan di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi, dalam arahannya, “Fungsi pengawalan oleh penyuluh merupakan faktor penting untuk tercapainya target produksi yang telah ditetapkan oleh Kementan.

    Selain menghadiri Penutupan Bimbingan Teknis,Surachman juga menghimbau para penyuluh untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam penyebaran informasi pembangunan pertanian. “Media sosial merupakan cara tercepat untuk dapat menginformasikan apa yang kita kerjakan, sering orang ...

  • Meningkatnya Minat Generasi Muda Masuk STPP

    Posted in Berita on Okt 09, 2017

    Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin minat generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian tinggi. Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah menyiapkan berbagai upaya strategis.

    Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono mengungkapkan enam Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) yang tersebar di Medan, Bogor, Malang, Magelang, Gowa dan Manokwari ditransformasi menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian.

    “Nah, ini buktinya tahun 2017, walau pun masih namanya STPP, tapi mendengar mau transformasi, peminatnya melonjak menjadi 10 ribu orang. Awalnya, k...

  • Pelatihan Penyegaran dan Evaluasi bagi Master Trainer Kopi Robusta

    Posted in Berita on Okt 01, 2017

    Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Dr Ir Widi Hardjono M Sc memenuhi undangan SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) salah satu lembaga mitra dalam pengembangan SDM khususnya di bidang kopi untuk membuka Acara Pelatihan untuk para Master Trainer Kopi Robusta. Acara Pelatihan Penyegaran dan Evaluasi untuk Master Trainer Kopi Robusta di adakan mulai 29 September s.d 1 Oktober 2017 di Amalia Hotel Bandar Lampung. Pelatihan diadakan sebagai penyegaran dan evaluasi bagi para Master Trainer yang bertugas untuk melatih dan mendampingi petani/ kelompok tani kopi yang tersebar di sentra kopi ...

  • Pertemuan PPID lingkup BPPSDMP

    Posted in Berita on Sep 21, 2017

    “Jangan takut untuk memberikan akses Informasi kepada publik, karena masyarakat berhak tahu perihal proses pembangunan yang kita kerjakan” dikutip dari pernyataan Dr.Ir Surachman Suwardi MP, Sekretaris BPPSDMP dalam kesempatan memberikan arahan pada Pertemuan PPID yang diadakan 19 s.d 21 September 2017 di D’Ayana Hotel Bogor.

    “Untuk membentuk Good Governance dan Good Government keterbukaan Informasi mempunyai peran penting dengan mengikuti prinsip akurat, benar dan tidak menyesatkan ujar Surachman.

    Pertemuan di ikuti oleh para pelaksana PPID di lingkup UPT BPPSDMP, menghadirkan Narasumber dari...