Arsip Berita

  • BPPSDMP Koordinasikan Lahan Kedelai 500.000 Hektar di 14 Provinsi

    Posted in Berita on Nov 08, 2017

    Yogyakarta (7/11) Pemerintah RI menyiapkan benih kedelai bersubsidi yang dibiayai APBN-Perubahan 2017 untuk program penanaman kedelai seluas 500.000 hektar di 20 provinsi, dan Kementerian Pertanian saat ini menyiapkan lahan 500.000 hektar di 14 provinsi untuk ditanami benih kedelai bersubsidi namun anggarannya tidak masuk APBN-P 2017, dan langkah tersebut ditempuh untuk mendukung pencapaian target sejuta lahan kedelai di seluruh Indonesia dalam menyongsong swasembada kedelai 2018.

    "Menteri Pertanian Amran Sulaiman menginstruksikan Badan SDM Kementan mendukung pencapaian swasembada kedelai 201...

  • Luas Lahan Tambah Tanam Di Kalbar Meningkat

    Posted in Berita on Okt 30, 2017

    Pontianak (28/10) Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian Momon Rusmono menyatakan luas lahan tambah tanam (LTT) di Provinsi Kalimantan Barat mengalami peningkatan.

    "Dari hasil evaluasi tahun 2016, upaya khusus (Upsus) tanaman padi, jagung, dan kedelai (Pajale) serta lahan tambah tanam di Provinsi Kalbar sekitar 538 ribu hektare, kemudian meningkat menjadi 624 ribu hektare di tahun 2017," kata Momon Rusmono di Pontianak, Sabtu.

    Ia menyebutkan peningkatan LTT di Kalbar sekitar lima persen, dan itu dinilainya luar biasa.

    "Untuk itu, kami senga...

  • Bimbingan Teknis Penyuluh di BPP Jambi

    Posted in Berita on Okt 11, 2017

    Jambi 11/10/17 - Sekretaris Badan, Dr Ir Surachman Suwardhi, MP menghadiri Bimbingan Teknis Bagi Penyuluh yang di selenggarakan di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi, dalam arahannya, “Fungsi pengawalan oleh penyuluh merupakan faktor penting untuk tercapainya target produksi yang telah ditetapkan oleh Kementan.

    Selain menghadiri Penutupan Bimbingan Teknis,Surachman juga menghimbau para penyuluh untuk mengoptimalkan penggunaan media sosial dalam penyebaran informasi pembangunan pertanian. “Media sosial merupakan cara tercepat untuk dapat menginformasikan apa yang kita kerjakan, sering orang ...

  • Meningkatnya Minat Generasi Muda Masuk STPP

    Posted in Berita on Okt 09, 2017

    Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin minat generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian tinggi. Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah menyiapkan berbagai upaya strategis.

    Kepala BPPSDMP, Momon Rusmono mengungkapkan enam Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) yang tersebar di Medan, Bogor, Malang, Magelang, Gowa dan Manokwari ditransformasi menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian.

    “Nah, ini buktinya tahun 2017, walau pun masih namanya STPP, tapi mendengar mau transformasi, peminatnya melonjak menjadi 10 ribu orang. Awalnya, k...

  • Pelatihan Penyegaran dan Evaluasi bagi Master Trainer Kopi Robusta

    Posted in Berita on Okt 01, 2017

    Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Dr Ir Widi Hardjono M Sc memenuhi undangan SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) salah satu lembaga mitra dalam pengembangan SDM khususnya di bidang kopi untuk membuka Acara Pelatihan untuk para Master Trainer Kopi Robusta. Acara Pelatihan Penyegaran dan Evaluasi untuk Master Trainer Kopi Robusta di adakan mulai 29 September s.d 1 Oktober 2017 di Amalia Hotel Bandar Lampung. Pelatihan diadakan sebagai penyegaran dan evaluasi bagi para Master Trainer yang bertugas untuk melatih dan mendampingi petani/ kelompok tani kopi yang tersebar di sentra kopi ...

  • Pertemuan PPID lingkup BPPSDMP

    Posted in Berita on Sep 21, 2017

    “Jangan takut untuk memberikan akses Informasi kepada publik, karena masyarakat berhak tahu perihal proses pembangunan yang kita kerjakan” dikutip dari pernyataan Dr.Ir Surachman Suwardi MP, Sekretaris BPPSDMP dalam kesempatan memberikan arahan pada Pertemuan PPID yang diadakan 19 s.d 21 September 2017 di D’Ayana Hotel Bogor.

    “Untuk membentuk Good Governance dan Good Government keterbukaan Informasi mempunyai peran penting dengan mengikuti prinsip akurat, benar dan tidak menyesatkan ujar Surachman.

    Pertemuan di ikuti oleh para pelaksana PPID di lingkup UPT BPPSDMP, menghadirkan Narasumber dari...

  • Kementan Gelar Bimtek KUB untuk tingkatkan Kesejahteraan Petani.

    Posted in Berita on Sep 18, 2017

    Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) fokus mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani sejalan dengan Nawacita Pemerintahan Jokowi-JK.

    Untuk itu, BPPSDM melalui program Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) Kementan menggelar Bimbingan Teknis Kelompok Usaha Berusaha (KUB) kepada 180 manajer pemuda tani se-Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu, sebagai bentuk pemberdayaan dan regenerasi petani.

    Kepala BPPSDMP Kementan, Momon Rusmono, mengatakan pembentukan KUB merupakan langkah nyata memberdayaka...

  • Kementan Kembali Melakukan Penyegaran Pejabat Tinggi Pratama Eselon 2

    Posted in Berita on Sep 15, 2017

    Kementan kembali mengadakan penyegaran di jajaran Pejabat tingginya. 5 Pejabat Tinggi Pratama Eselon 2 di lantik pada Jumat. 15 September 2017.

    Dr Surachman Suwardi.MP yang sebelumnya menjabat Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Dirjen Peternakan, di lantik sebagai Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

    Mentan secara khusus kepada Surachman memberikan arahan untuk fokus kepada PPL dan Penyebaran Pencapaian Pembangunan Pertanian melalui Media Sosial,

    Selamat dan semoga sukses mengemban amanah Bapak Surachman Suwardi.

    Berita Terkait

    Mentan Lantik Lima Pejabat Eselon II...

  • Kementan akan Gelar Lomba Inovasi Pertanian Agriventor 2017

    Posted in Berita on Sep 14, 2017

    Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) saat ini sedang fokus menciptakan penemu muda teknologi pertanian untuk mempercepat pencapaian swasembada pangan. Melalui Program Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) akan menggelar Agriventor 2017: Kompetisi Penemu Muda pada akhir tahun 2017.

    Kepala BPPSDMP Momon Rusmono menyatakan teknologi di bidang pertanian berperan strategis dalam peningkatan produksi pertanian sehingga mendorong peningkatan nilai tambah produk pertanian dan tingkat pendapatan pelaku usaha pertanian. Tekn...

  • Mentan Minta Penyuluh Pertanian Melek Teknologi dan Media Sosial

    Posted in Berita on Sep 13, 2017

    Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta kepada seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk tidak gagap teknologi dan media sosial guna menyebarkan informasi dan capaian sektor pertanian. Menurut Amran, dengan memahami media sosial, berbagai perkembangan sektor pertanian di Indonesia bisa tersebar luas.

    Hal itu diucapkan Mentan Amran ketika memberikan pengarahan dan pelepasan kepada 300 orang perwakilan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Penyuluh Pertanian seluruh Indonesia di Hotel Kaisar, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

    "Semua capaian sektor pertanian harus disebarluaskan, jang...