Arsip Berita

  • Polbangtan Bogor dan Dharma Wanita BPPSDMP Sumbang Korban Gempa Palu

    Posted in Berita on Okt 10, 2018

    Banyak cara menggalang dana untuk mendapatkan bantuan dana kemanusiaan, mahasiswa Polbangtan Bogor berhasil mengumpulkan dana sumbangan melalui ide kreatif berupa pagelaran marching band pada beberapa titik di Kota Bogor, dilanjutkan dengan kegiatan mahasiswa di dalam kampus, sehingga terkumpul total Rp 95,4 juta.

    Dana serupa dikumpulkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Dharma Wanita (DPP-DW) BPPSDMP yang berhasil menggalang dana sebesar Rp25 juta, yang dikumpulkan dari DPP DW pusat dan UPT di daerah, di bawah koordinasi Sekretaris DPP-DW BPPSDMP, Santi Ambarwati.

    Dana bantuan kemanusiaan dari mahasi...

  • Tenaga Ahli Budidaya Cabai untuk Republik Uzbekistan

    Posted in Berita on Okt 04, 2018

    JAKARTA. Sebagai tindak lanjut dari Hasil Kesepakatan antara Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan Kementerian Pertanian Republik Uzbekistan tanggal 5 Februari 2018 di Jakarta, Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) c.q. Pusat Pelatihan pertanian telah mengirimkan 4 (empat) tenaga ahli pertanian yang berasal dari Balai Penelitian Tanaman Sayuran Lembang ( 1 orang), Widyaiswara dari Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang (2 orang) dan dari Petani dari Lembang (1 orang). Keempat tenaga ahli Per...

  • Polbangtan Diluncurkan, Kementan Siap Cetak Wirausaha Muda Pertanian

    Posted in Berita on Sep 20, 2018

    Kementerian Pertanian (Kementan) secara resmi meluncurkan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) di Bogor, pada Selasa (18/09/2018). Institusi pendidikan tinggi vokasi dibawah binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan ini merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP). Pengembangan pendidikan vokasi memang tengah menjadi fokus pemerintahan Jokowi-JK untuk mendorong daya saing bangsa.

    “Transformasi ini merupakan upaya untuk regenerasi tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha atau socioagripreneur. Menjaga ke...

  • Percepat UPUS Banyuasin, Kepala Badan PPSDMP Lepas 100 Babinsa

    Posted in Berita on Sep 13, 2018

    Dalam rangka mendukung percepatan tanam di Provinsi Sumatera Selatan khususnya di Kabupaten Banyuasin, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, melakukan upacara pelepasan 100 Babinsa dalam rangka percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) di Korem 044 Dempo, Palembang, Sumatera Selatan. (13/9/2018)

    Momon Rusmono mengatakan, dengan sinergitas antara babinsa, penyuluh dan gapoktan, diharapkan mampu menggerakkan dan melakukan mulai dari penambahan LTT, Pengolahan lahan, mengolah tanah khususnya di Kabupaten Banyuasin. Karena Banyuasin mempunyai potens...

  • Berbagi Pengalaman Mengolah Pangan dengan Sahabat dari Afrika

    Posted in Berita on Sep 05, 2018

    Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Non Alignment Movement (NAM) Center melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) - Pusat Pelatihan Pertanian menyelenggarakan kegiatan International Training on Processing Technology of Agricultural and Animal Husbandry Product for African Countries: Sharing Best Practices to Achieve SDGs, pada tanggal 2-10 September 2018 di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan untuk Produk pangan olahan dilanjut...

  • Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Bertani

    Posted in Berita on Agu 28, 2018

    Salah satu agenda Rakor Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPSIN) dan Sosialisasi Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Prov Lampung adalah demo pemanfaatan Drone untuk Pertanian yang berlangsung di Kebun Praktek BPP Lampung.

    Kami mengundang pemuda dari Temanggung yang berhasil menciptakan drone penyemprot tanaman yang diberikan nama 'Hope' untuk diperkenalkan kepada petani di Lampung," kata Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian Momon Rusmono, di Bandarlampung, Senin (27/8).

    “Drone ini dimanfaatkan untuk penyemprotan air, pestisida atau pupuk untuk lahan maupun tana...

  • Antisipasi Musim Kemarau, Kementan Optimalkan Alsintan

    Posted in Berita on Agu 27, 2018

    Optimalisasi pemanfaatan alsintan persiapan olah tanam dan olah lahan sebagai antisipasi Musim Kemarau, menjadi tema besar dari Rakor Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPSIN) dan Sosialisasi Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Prov Lampung yang diadakan Senin 27 Agustus 2018 di BPP lampung.

    “Untuk mengantisipasi musim kemarau ini, pemanfaatan Alsin tetap harus di optimalkan untuk olah lahan sebagai persiapan musim tanam, kata Momon Rusmono Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementan.

    “Ada lima poin yang harus dilakukan yaitu “Pertama, Optimalisasi Alsintan yang sudah dis...

  • Atasi Paceklik, PJ Upsus Sumsel Ajak Petani OKI Tanam Padi IP 300

    Posted in Berita on Agu 24, 2018

    OKI Sumsel - Pemerintah RI menginstruksikan pemangku kepentingan sektor pertanian pada 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan menyokong petani melakukan indeks pertanaman IP 300 pada sawah irigasi teknis, hal itu ditempuh Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk mendukung langkah mengantisipasi masa paceklik 2018.

    Seruan tersebut dikemukakan oleh Penanggung Jawab Upaya Khusus Sumatera Selatan - PJ Upsus Sumsel - Momon Rusmono pada 'tanam perdana IP 300 padi' bersama Poktan Sido Makmur di Desa Sumber Agung, Kecamatan Lempuing, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis siang (23/8)...

  • Tanam Perdana IP 300 Padi di Ogan Komering Ilir

    Posted in Berita on Agu 23, 2018

    SUMSEL - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian mengawal ketat proses produksi padi pada bulan Agustus hingga Oktober yang merupakan masa paceklik akibat musim kemarau. Pengawalan ini penting agar pemerintah secara dini dapat menyelesaikan persoalan yang dihadapi petani.

    "Setiap hari ada tanam. Setiap hari ada panen. Semua itu tidak lepas dari dukungan inovasi telnologi, faktor sosial, dan peran petani sebagai ujung tombak dalam mendukung luas tambah tanam disingkat LTT sebagai jembatan untuk mencapai upaya," kata Penanggung Jawab Upsus Pajale Sumatera Selatan - PJ Upsus Sumsel, Momon Rusmon...

  • Mentan Berikan Penghargaan Nasional kepada Pelaku Pembangunan Pertanian Tahun 2018

    Posted in Berita on Agu 17, 2018

    Menteri Pertanian, Amran Sulaeman yang diwakili Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro memberikan Penghargaan Tingkat Nasional Tahun 2018 kepada penyuluh pertanian, petani, kelembagaan penyuluhan pertanian, kelembagaan petani, kelembagaan pelatihan pertanian dan Widyaiswara bidang pertanian. Penghargaan kepada para teladan tersebut berikan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi dari Pemerintah atas prestasi dan kinerja yang baik dalam mendukung dan mensukseskan program pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian. (17/8/2018).

    Syukur Iwantoro mengungkapkan penerima p...