Arsip Berita

  • PIS Agro Serahkan Kurikulum Kopi dan Kakao ke Polbangtan

    Posted in Berita on Des 07, 2018

    Menindaklanjuti MoU antara Kepala Badan Penyuluhan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Momon Rusmono dengan PIS Agro yang disaksikan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Ketua Umum Kadin Indonesia, kini dituangkan dalam bentuk perjanjian kerjasama meningkatkan kapasitas membangun SDM sebagai wirausaha muda terutama di 6 Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang ada di Indonesia.

    Momon Rusmono menyampaikan bahwa PIS Agro telah menyusun kurikulum yang disesuaikan dengan dunia usaha dan industri, mengembangkan pola pembelajaran dengan sistem proses pembelajaran yan...

  • Capaian BPPSDMP 2018: 15.192 Posluhdes, 1.013 Kelompok PWMP dan 18 SKKNI

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    Kementerian Pertanian RI dalam empat tahun terakhir, 2014 - 2018, mendorong dan mendukung pengembangan 15.192 Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes), 1.013 kelompok Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) dan 18 Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) sesuai target Pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla mengembangkan SDM pertanian yang mandiri, profesional dan berdaya saing.

    Hal itu dikemukakan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Momon Rusmono kepada pers di Jakarta, Senin siang (26/11) pada kegiatan ´Bincang Asyik Pertanian Indonesia´ disingkat Bak...

  • SDM Pertanian Siap Hadapi Industri 4.0

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    "Salah satunya dengan penyiapan kurikulum pendidikan, kurikulum pelatihan dan metode penyuluhan yang mampu beradaptasi. Kita harus memahami, menguasai perkembangan IPTEK," ungkap Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Momon Rusmono. Dalam setiap kurikulum, pendidikan dan pelatihan harus mengintegrasikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

    Sedangkan dalam proses penyuluhan, salah satunya menggunakan cyber extention (CybEx) dan metode penyuluhan harus menyesuaikan. "Masih kita dalami apakah metode LAKU (Latihan dan Kunjungan) masih laku?," tuturnya.

    Kepala Pusat Pe...

  • Polbangtan Harus disegani Dunia dan Berstandar Internasional

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta agar Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang ada di Indonesia, disegani di dunia dengan menerapkan standar pendidikan Internasional. Amran menyampaikan hal ini dalam kunjungan kerjanya ke Polbangtan Yogyakarta, Selasa (27/11/2018).

    “Saya tugaskan staf khusus Mentan untuk melakukan audit di seluruh Polbantan di Indonesia. Saya ingin semua berstandar Internasional”, ujar Amran optimistis.

    Mentan juga berpesan kepada para mahasiswa Polbangtan agar turut mewujudkan cita-cita ini. Salah satunya dengan mengubah kebiasaan. Ia memberi c...

  • Terobosan Kebijakan Kementan Hasilkan Capaian Penting Di Sektor Pertanian dan Pangan

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang diwakili Kepala Badan Penyuluhan dan Peningkatan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Momon Rusmono menyampaikan sejumlah kinerja Kementerian Pertanian (Kementan) dalam 4 tahun. Sejumlah program terobosan yang dilakukan terbukti berkontribusi signifikan terhadap capaian kinerja hingga 2018 ini.

    Dalam presentasinya dihadapan mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor pada Selasa (27/11), Momon memulai capaian paling terlihat yakni data Badan Pusat Statistik (BPS) terkait inflasi.

    “Inflasi bahan pangan 2017 hanya sebesar 1,26 persen...

  • Polbangtan Gowa gelar workshop pembaharuan dalam pelaksanaan pendidikan vokasi

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    Bertempat di Ruang Rapat, Polbangtan Gowa menggelar workshop pembaharuan dalam pelaksanaan pendidikan vokasi, Selasa, 27 November 2018.

    Kegiatan workshop ini dibuka secara langsung oleh Dr. Ir. Syaifuddin, MP selaku Direktur Polbangtan Gowa dan dilaksanakan selama sehari yang diikuti oleh 32 orang dosen, calon dosen 11 orang dan PLP/Tenaga teknis 13 orang.

    Workshop ini menghadirkan pemateri langsung dari Politeknik Manufaktur Negeri Bandung dimana Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) adalah Politeknik negeri terbaik dan pertama di Indonesia yang dahulu bernama Politeknik Mekan...

  • Mahasiswa tingkat I Polbangtan Gowa laksanakan praktik lapang terpadu

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa melaksanakan praktek lapang mata kuliah terpadu bagi mahasiswa semester 1 program studi D-IV Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan.

    Praktek lapang diikuti secara antusias oleh 86 mahasiswa diberbagai tempat antara lain Stasiun Klimatologi Kelas 1 Maros, Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Lau, Celebes Mushroom Farm, dan Gapoktan Bontobunga Kecamatan Moncongloe Maros.

    Kaharuddin, SP, MP. selaku Ketua Jurusan Pertanian mengatakan bahwa kegiatan yang berlansung hari ini (27/11) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa serta pengaplikasian ilmu yang di...

  • Pendidikan Jadikan SDM Pertanian, Terbaik di Zaman Now

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    "Perkembangan dinamika lingkungan, teknologi dan informasi sekarang begitu cepat. Tetapi disisi lain, petani dan kelompok tani masih perlu dibantu oleh kita. Sehingga kalau kita kerja biasa-biasa saja atau hanya baik, ya hasilnya biasa-biasa saja," ungkap Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPPSDMP), Momon Rusmono saat Kuliah Umum : Membangun Pertanian dan Peternakan di Kabupaten Bogor sekaligus Sosialisasi Capaian Empat Tahun Kinerja Kementerian Pertanian di Polbangtan Bogor, Selasa (27/11).

    Karena itu, Momon mengajak kepada mahasiswa-mahasiswi Polbangtan untuk bekerj...

  • Empat Kunci Ini Bisa Dicontek Mahasiswa Polbangtan

    Posted in Berita on Nov 27, 2018

    Menjadi tulang punggung penggerak pembangunan pertanian, keberadaan sumberdaya manusia (SDM) sudah seharusnya memiliki kualitas yang mumpuni. Bahkan setiap kesempatan, Menteri Pertanian Amran Sulaiman membeberkan beberapa kunci yang bisa dicontek oleh mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan).

    "Mulai dari Bekerja yang terbaik, fokus, cepat dan berorientasi hasil. Empat kunci inilah yang selalu dibagikan oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman agar SDM kita menjadi yang mumpuni," beber Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BPPSDMP), Momon Rusmono saat Kuliah ...

  • Polbangtan Bogor gelar temu wirausaha muda pertanian

    Posted in Berita on Nov 26, 2018

    Direktur Polbangtan Bogor, Siswoyo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa Polbangtan peserta PWMP untuk menggali informasi, berbagi pengalaman, serta menambah wawasan dalam mengembangkan usaha pertaniannya lebih luas lagi.

    "Di pertemuan ini kita ingin mensinergikan antara mahasiswa PWMP dalam tahap pengembangan dan kemandirian dengan pelaku usaha selaku mitra, untuk memperkuat bisnis para pelaku PWMP," kata Siswoyo saat membuka kegiatan Temu Bisnis Wirausaha Muda Pertanian.

    Menurutnya, dalam program PWMP ini kegiatan seperti Temu Bisnis ini harus rutin dilakukan unt...