Arsip Berita

  • Dengan Digital, Pelatihan SDM Pertanian Sentuh Semua Level

    Posted in Berita on Jun 29, 2020

    CIAWI – Pandemi Covid-19 turut mengubah perilaku di semua sektor, termasuk pertanian. Pandemi membuat sentuhan digital kian cepat, termasuk peningkatan kualitas SDM pertanian. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menyiasati hal ini dengan menggelar pelatihan digital.

    Hal tersebut disampaikan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi saat Pertemuan Evaluasi Penyelenggaraan Pelatihan Semester I Tahun 2020, di Horison Ultima Bhuvana-Ciawi Bogor, (29/6) yang diikuti 10 kepala UPT Pusat Pelatihan Pertanian lingkup BPPSDMP.

    Menurut Dedi Nursyamsi, menghadapi era new no...

  • Petani Milenial Madura Sukses Hasilkan Produk Bernilai Ekspor

    Posted in Berita on Jun 17, 2020

    MADURA-Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) kerap menyampaikan bahwa, Kementerian Pertanian akan terus mengoptimalkan SDM Pertanian terutama petani milennial baik di desa maupun di kota (urban farming dan family farming) untuk menggenjot produksi dan produktivitas bahkan sampai menuju pasar ekspor.

    SYL juga menegaskan bahwa keyakinan pada anak muda para generasi milennial dibidang pertanian ini terus meningkat.“ Saya yakin mereka itu berkembang, dan saya percaya anak muda yang mau terjun dibidang pertanian, punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik”

    ...

  • P4S Damai NTT, Manfaatkan Daun Kelor Jadi Camilan Kaya Manfaat

    Posted in Berita on Jun 15, 2020

    Pemanfaatan pangan lokal secara masif dinilai mampu memberikan kontribusi positif untuk perkuat kedaulatan pangan nasional. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta para petani di tanah air agar lebih mandiri dan maju. Hal ini akan memengaruhi beragam hasil pertanian sehingga bisa diolah menjadi produk-produk lain yang bernilai tambah. " Mandiri itu berarti semua bisa disiapkan dengan kemampuan dan kekuatan kita sendiri," kata SYL.

    Mendukung gerakan Ketahanan Pangan Nasional melalui diversifikasi pangan, petani di wilayah Kabupaten Kupang giat memproduksi olahan pangan lokal berbaha...

  • Siaran Ulang Gerakan Ketahanan Pangan Nasional Di Era New Normal Pandemic Covid-19

    Posted in Berita on Jun 12, 2020

    Sobatani saksikan siaran ulang Mentan Sapa Petani dan Penyuluh Pertanian dengan tema Peran Petani dan Penyuluh Dalam Gerakan Ketahanan Pangan Nasional Di Era New Normal Pandemic Covid-19 hari Jumat tanggal 12 Juni 2020 pukul 08.00-11.00 WIB. Klik Tayangan Video

  • Dukung Ketahanan Pangan, YESS Komitmen Lahirkan Wirausahawan Muda Pertanian

    Posted in Berita on Mei 29, 2020

    Kementerian Pertanian (Kementan) berkomitmen serius untuk mencetak wirausahwan muda pertanian guna percepatan regenerasi petani. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini generasi milenial yang terjun di sektor pertanian, berpeluang memiliki kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. "Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia maka dunia dalam genggaman kalian," ujar SYL optimis.

    Sejalan dengan SYL, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi tak hentinya memberikan motivasi kepada para petani milenial.

    "Dalam masa Covid-19 ini, banyak peluan...

  • Antisipasi Pasca Pandemi, Kementan Siapkan SDM Pertanian Bertarung di Dunia Usaha

    Posted in Berita on Mei 15, 2020

    JAKARTA – Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melakukan penyiapan SDM Pertanian Bidang Hortikultura dengan peningkatan kompetensi dan daya saing melalui Konsensus Rancangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Bidang Hortikultura yang dilaksanakan melalui virtual pada, Jumat (15/05).

    Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berkali-kali menegaskan Pembanguan pertanian ini harus lebih maju tidak boleh stuck (macet). “pertanian harus makin maju mandiri dan modern. Ada tantangan baru yang harus kita jawab dari masa ke masa dan era ini de...

  • Wahai Milenial, Jadilah Petani alias Pemuda Tampan Masa Kini

    Posted in Berita on Mei 05, 2020

    Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yassin Limpo terus mendorong anak-anak muda termasuk kalangan milenial mau bertani. Dia meyakini generasi muda menjadi penentu kemajuan pertanian nasional.

    Menurut Mentan, estafet petani selanjutnya berada pada pundak generasi muda. Sebab, mereka mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan pertanian.

    “Generasi milenial adalah masa depan sektor pertanian. Generasi yang mampu memanfaatkan teknologi untuk pertanian. Dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia, dunia dalam genggaman mereka,” paparnya.

    Kepala Badan Penyuluhan dan...

  • Omzet Ekspor Duta Petani Andalan Asal Jabar Tembus Sampai Ratusan Juta

    Posted in Berita on Mei 04, 2020

    Ulus Pirmawan, salah satu dari 66 petani Indonesia binaan Kementerian Pertanian dan telah dikukuhkan menjadi Duta Petani Milenial oleh Menteri Pertanian awal April lalu. Saat ini dia sibuk berbagi pengalamannya dalam bertani.

    "Setelah dikukuhkan menjadi Duta Petani Andalan, saya akan terus berbagi pengalaman kepada petani dan masyarakat lainnya tentang apa yang saya lakukan selama ini dalam melakukan agribisnis sayuran dari hulu hingga hilir," jelas Pria berusia 46 tahun yang juga pengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Wargi Panggupay, saat ini fokus untuk merambah pas...

  • Omset Bisnis Sayuran Petani Binaan Kementan Ini Menggiurkan

    Posted in Berita on Apr 29, 2020

    Dodih petani sayuran dari Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, adalah salah satu dari sekian banyak petani sukses, binaan Kementerian Pertanian.

    Seorang petani sayuran dari Lembang, Bandung, Jawa Barat, yang melakukan budidaya 70 jenis sayuran  seperti paprika aneka warna, aneka jenis cabai, brokoli, kol, terung, buncis, tomat, head lettuce, sawi, kentang, ubi, dan kabocha,

    Produk sayuran mereka dipasarkan bersama kelompok taninya ke berbagai daerah seperti Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, dan Padalarang. Komoditas  baby buncis Kenya bahkan sudah rutin di ekspor ke Singapura, Dodih mengungkapkan...

  • Belajar Pertanian Melalui E-Learning

    Posted in Berita, Pengumuman on Apr 23, 2020

    SobaTani untuk yang tertarik dengan dunia pertanian mari belajar bersama melalui E-Learnig Pusat Pelatihan Pertanian

    akses di sini ya http://elearningpuslatan.com/

RSS