Arsip Berita

  • Peningkatan Peran melalui Kerjasama, P4S Jajaki Kemitraan dengan TTI

    Posted in Berita on Apr 21, 2018

    Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu dan daya saing P4S adalah dengan mengembangkan jejaring kerjasama dengan berbagai pihak, melalui jejaring kerjasama di harapkan Semangat kemandirian dan Peningkatan Kompetensi P4S dapat terus di tingkatkan.

    "Peran P4S ini perlu diperkuat kembali, terutama di era globalisasi dibutuhkan sumber daya manusia pertanian yang bermutu, dan berdaya saing," Ujar Widi Hardjono, Kepala Pusat Pelatihan Badan Pengembangan dan Penyuluhan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian pada Pertemuan Koordinasi Kerjasama P4S di Bogor....

  • Opini Publik, PPID Kementan Fokus pada Medsos dan Website di Jagat Maya

    Posted in Berita on Apr 16, 2018

    Media sosial dan website dinilai paling efektif untuk interaksi publik secara interaktif melalui jagat maya, untuk membentuk opini publik dan mendapat respons terhadap informasi yang disebarkan melalui pendekatan persuasif, hal itu selaras dengan arahan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman yang kerap menekankan bahwa kegiatan dan capaian pembangunan pertanian oleh Kementerian Pertanian harus diketahui oleh publik.

    Hal itu mengemuka dari rapat koordinasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (Rakor PPID) lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Per...

  • Workshop Peningkatan Kerjasama,Kementan Jalin Kerjasama Tingkatkan SDM Pertanian

    Posted in Berita on Apr 09, 2018

    Kementerian Pertanian berupaya mewujudkan swasembada pangan. Untuk mewujudkannya, pemerintah menggandeng berbagai instansi dari dalam dan luar negeri untuk membentuk SDM yang berkualitas.

    “Untuk mencapai kemandirian pangan, pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen dalam masyarakat,” terang Ali Rahman, Kepala Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Ali Rahman di Grand Keisha, Yogyakarta dalam workshop yang menghadirkan Pertamina Persero, Bank Indonesia (BI), BRI, PTPN III, Rabu (04/04/2018).

    Sektor pertanian adalah sektor ...

  • Kepala BPPSDMP Harapkan Pejabat Baru Eselon II Penuhi Target Kementan

    Posted in Berita on Mar 20, 2018

    Kepala Badan SDM Pertanian di Kementerian Pertanian RI, Momon Rusmono menegaskan komitmen Pemerintah RI untuk memilih pejabat eselon II yang kapabel dan berkompeten pada tugas dan wewenangnya, dan bukan berdasarkan urut kacang atau karena faktor like or dislike. Bangsa dan negara membutuhkan pejabat yang komitmen pada peningkatan produksi pangan strategis mencapai swasembada pangan.

    "Mari kita bekerja profesional dan bukan sekadar mencari jabatan. Jangan berharap pada kenaikan pangkat atau jabatan karena faktor urut kacang atau like or dislike, hal itu sudah tidak berlaku lagi saat ini ketika ...

  • Mentan Amran Melantik 13 Pejabat Eselon II

    Posted in Berita on Mar 19, 2018

    Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman melantik 13 pejabat eselon II. Mereka terdiri atas tujuh Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II a dan enam Pimpinan Tinggi Pratama eselon II b. Amran berpesan agar pejabat yang dilantik hari ini dapat menjalankan tugas dan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

    "Tujuan hidup kita hanya dua, beriman dan bermanfaat. Kita semua setiap saat bisa dilantik, bisa turun, bisa diganti bisa dipecat. Jangan menganggap ini tujuan, ini bagian dari pelayanan. Mohon saya diingatkan. Jangan diingatkan setelah keputusan dibuat," ungkap Amran Sulaiman, di Kementerian ...

  • Evaluasi Reformasi Birokrasi Badan Penyuluhan Dan Pengembangan SDM Pertanian

    Posted in Berita on Feb 16, 2018

    Sebagai upaya mengukur kemajuan pelaksanaan reformasi birokrasi secara mandiri (self assessment). Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) telah melaksanakan Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Reformasi Birokrasi pada tanggal 13 -15 Februari 2018 di Bogor.

    Hadir sebagai Narasumber Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Inspektorat Jenderal, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Sekretariat Jenderal, Biro Perencanaan, Sekretariat Jenderal. Acara tersebut dihadiri oleh 70 orang perwakilan dari unit kerja lingkup BPPSDMP.

    Tujuan dilaksanakan pertemuan Ko...

  • Panen Setiap Hari, Paradigma Pertanian Modern

    Posted in Berita on Jan 08, 2018

    Mengawali Kegiatan Panen di Tahun 2018, Mentan Amran Sulaiman panen perdana di areal seluas 800 Hektare di Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya, Mentan mengatakan, pada November hingga Januari merupakan paceklik. Namun, kondisi tersebut berbalik.

    Panen bisa dilakukan tiap hari di seluruh Indonesia, hal tersebut karena pihaknya berupaya mengubah paradigma pertanian. Meski mengubah paradigma lama diakui Amran sangat sulit."Paradigma pertanian modern bukan lagi paradigma pertanian tradisional," ujarnya, Rabu (3/1).

    Paradigma baru tersebut yakni dengan mene...

  • Padi Sambas Surplus 80%, Kementan Apresiasi Capaian Lumbung Beras Utama Kalbar

    Posted in Berita on Des 26, 2017

    Sambas, Kalbar - Sekretaris Badan SDM Pertanian Kementan, Surahman Suwardi menyambut gembira hasil panen padi di Kabupaten Samba, Provinsi Kalimantan Barat dengan luasan panen 68.435 hektar, produktivitas rata-rata tiga ton per hektar gabah kering panen (GKP) menghasilkan 102.000 ton.

    "Setelah dikonsumsi penduduk setempat hampir 20% dan kelebihan produksi dipasarkan ke Pulau Natuna di Provinsi Riau Kepulauan sebagai pasar utama ekspor beras Sambas," kata Surahman usai panen padi di Desa Seranggam, Kecamatan Selakkau Timur, Sabtu siang (23/12).

    Kepala Dinas Pertanian Sambas, A Mubarak mengataka...

  • Kepala Badan SDM Kementan Panen di Sanggau, Kalbar Surplus 18 Ribu Ton

    Posted in Berita on Des 25, 2017

    Sanggau, Kalbar - Kementerian Pertanian memastikan stok dan produksi beras di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat terbukti rata-rata surplus 18.000 ton per bulan, hal itu dibuktikan dari kunjungan kerja Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Momon Rusmono di Sanggau, Jumat (22/12).

    Hal itu terungkap ketika Momon Rusmono melakukan panen padi Desember 2017 di Desa Bungkang, Kecamatan Sekayam bersama Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Peternakan Kabupaten Sanggau, John Henri, Kepala BPTP Kaltim Musafa dan para pejabat terkait dan puluhan penyuluh pertanian. John Henr...

  • Beri Kuliah Umum, Mentan Minta Mahasiswa STPP Menjadi Enterpreneur

    Posted in Berita on Nov 30, 2017

    Beri Kuliah Umum, Mentan Minta Mahasiswa STPP Menjadi Enterpreneur Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menegaskan lulusan Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) se-Indonesia yakni STPP Bogor, Medan, Magelang, Gowa, Malang dan Manokwari harus menjadi penyuluh sekaligus pelaku wirausaha atau enterpreneur pertanian. Ini penting agar nantinya lulusan STPP tidak lagi berpikir hanya menjadi penyuluh berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). "Lulusan STPP adalah generasi muda pertanian yang memiliki potensi besar untuk memajukan pertanian. Jadi, selain menjadi penyuluh, harus bisa ...