Workshop Peningkatan Kerjasama,Kementan Jalin Kerjasama Tingkatkan SDM Pertanian

Kementerian Pertanian berupaya mewujudkan swasembada pangan. Untuk mewujudkannya, pemerintah menggandeng berbagai instansi dari dalam dan luar negeri untuk membentuk SDM yang berkualitas.

“Untuk mencapai kemandirian pangan, pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen dalam masyarakat,” terang Ali Rahman, Kepala Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Ali Rahman di Grand Keisha, Yogyakarta dalam workshop yang menghadirkan Pertamina Persero, Bank Indonesia (BI), BRI, PTPN III, Rabu (04/04/2018).

Sektor pertanian adalah sektor andalan yang memberikan kontribusi berarti bagi pembangunan nasional.“Dukungan dari berbagai pihak dari dalam maupun luar negeri baik pemerintah, BUMN, maupun swasta sangat diperlukan dalam bentuk kerja sama,” jelasnya.

Workshop bertajuk “Peningkatan Kerjasama Dalam Negeri di Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian” di ikuti oleh Alumni Magang Jepang, Kelembagaan Ekonomi Petani, Anggota P4S, PWMP dan perwakilan dari UPT.

Ditemui di sela kegiatan kunjungan lapangan, Rani Mutiara, Kepala Bagian Perencanaan menjelaskan “Selain pemaparan oleh narasumber di sesi kelas, di hari kedua ini, peserta diajak mengunjungi Desa Wisata Nglanggeran dengan Pusat Pengolahan dan Pembelajaraan Coklat.”

“Pada kunjungan lapangan ini, peserta melihat bahwa pengembangan usaha berbasis pertanian tidak hanya berdampak pada bidang pertanian, tapi juga dapat mengembangakan perekonomian pedesaan secara lebih komperhensif, lanjutnya.

“Dengan workshop ini harapannya, para peserta dapat terinspirasi, termotivasi dan dapat menjalin kemitraan dengan pihak BUMN”. (Esapt)

Posted in Berita on Apr 09, 2018

Views: 268