Pelatihan Penyegaran dan Evaluasi bagi Master Trainer Kopi Robusta

Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Dr Ir Widi Hardjono M Sc memenuhi undangan SCOPI (Sustainable Coffee Platform of Indonesia) salah satu lembaga mitra dalam pengembangan SDM khususnya di bidang kopi untuk membuka Acara Pelatihan untuk para Master Trainer Kopi Robusta. Acara Pelatihan Penyegaran dan Evaluasi untuk Master Trainer Kopi Robusta di adakan mulai 29 September s.d 1 Oktober 2017 di Amalia Hotel Bandar Lampung. Pelatihan diadakan sebagai penyegaran dan evaluasi bagi para Master Trainer yang bertugas untuk melatih dan mendampingi petani/ kelompok tani kopi yang tersebar di sentra kopi seluruh Indonesia. Peserta berasal dari 11 provinsi di Tanah Air khususnya dari penghasil kopi robusta. Sedangkan master trainer terbanyak berasal dari Lampung dan Sumatera Selatan sebagai daerah penghasil kopi robusta tersebsar di Indonesia

Selain sesi kelas, peserta juga di ajak untuk melihat pengelolaan perkebunan kopi milik PT Nestle yang berada di Desa Talang Jawa Gunung Megang Kabupaten Tanggamus, Lampung. Para peserta selain melihat kebun, juga melakukan praktek lapangan.

Pada kesempatan wawancara dengan media, Widi Hardjono mengatakan “Sampai saat ini telah terbentuk 123 Master Trainer Kopi. Kementan bersama Scopi, lanjutnya, saat ini tengah konsen untuk melihat keseriusan para master trainer tersebut, mengingat masih banyak dari mereka yang tidak aktif.

Ia menjelaskan, dari 123 master trainer itu yang terlihat aktif masih sekitar 58 pesen, sedangkan yang nonaktif sebanyak 42 persen. "Bagi yang aktif dikejar lagi dan yang nonaktif akan dievaluasi apa permasalahan yang terjadi apakah dimutasi atau ada hal lain," imbuhnya.

Menurutnya, master trainer adalah aset negara yang mampu memajukan perekonomian melalui komoditas kopi. "Mereka dapat membantu pemerintah dalam hal peningkatan produktivitas dan kualitas sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat," tutup Widi. (esapt)

Video

Berita Terkait

Kementan-Scopi Targetkan 65.500 Master Trainer Kopi Robusta

Kementan-Scopi Evaluasi Master Trainer Kopi Robusta

Galeri Photo

Posted in Berita on Okt 01, 2017

Views: 531